• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy
Move and rotate elements by dragging them.
Resize by dragging this corner.
Rendered Image

Your label here

Budaya organisasi

 on Rabu, 06 Januari 2016  



   Budaya organisasi 

Budaya organisasi merupakan nilai-nilai dan norma yang dianut dan dijalankan oeh sebuah organisasi terkait dengan lingkungan dimana organisasi tersebut menjalankan kegiatannya. Budaya organisasi pada dasarnya merupakan “apa yang dirasakan, diyakini, dan dijalani” oleh sebuah organisasi.


 Budaya organisasi akan sangat berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lain. Namun pada intinya apa yang dianut oleh sebuah perusahaan akan menentukan bagaimana kesuksesan dapat mereka raih.
Terdapat karakteristik budaya pada hakikatnya dalam organisasi:
1.      Inovasi dan pengambilan resiko, karyawan didorong untuk berinovatif.
2.      Perhatian kerincian, karyawan diharapkan memperlihatkan kecermatan, analisis.
3.      Orientasi hasil, perhatian manajemen kepada hasil buka teknik dan proses.
4.      Orientasi tim, kegiatan kerja diorganisasikan sekitar tim-tim bukan individu-individu.
5.      Keagresifan, karyawan harus agresif, kompetitif dan bukan untuk santai-santai,
6.      Kemantapan.
Faktor  yang menentukan terbentuk nya budaya organisasi adalah pengalaman yang dijalani oleh organisasi itu sendiri. Baik dalam kesuksesan maupun dalam kegagalan. Fase-fase kesuksesan dan kegagalan ini pada dasarnya menentukan bagaimana budaya organisasi terbentuk dan diyakini kemudian oleh organisasi tersebut sebagai sebuah konsep norma dan nilai yang dianut dan mempengaruhi keseluruhan cara kerja perusahaan.
Dalam mengelola budaya organisasi,para manajer perlu memahami budaya organisasi apa saja yang di anut saat ini, diyakini oleh lingkungan saat ini, dan kemudianperlu memiliki keyakinan untuk mempertahankan dan mengubah budaya tersebut sesuai dengan tujuan organisasi yang ingindicapai dalam jangka panjang. Budaya organisasi tidak harus dipertahankan akan tetapi perlu perubahan untuk memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dalam hal ini perusahaan perlu melakukan perubahan terkait dengan budaya organisasi.oleh karena itu para manajer harus tahu budaya organisasi yang semestinya

dibangun dan dipertahankan dalam organisasi. Manajer harus memahami strategi budaya organisasi dalam perusahaan berinteraksi dengan lingkungan yang dibutuhkan.
Untuk kemampuan beradaptasi karyawan dalam organisasi, kadangkala manajer memasukkan orang asing agar budaya organisasi berubah, Misalnya sebuah organisasi mayoritas karyawannya orang lokal,  para manajer mempekerjakan orang asing dengan harapan dapat mempengaruhi karyawan bekerja dalam organisasi.



Budaya organisasi 4.5 5 Unknown Rabu, 06 Januari 2016    Budaya organisasi  Budaya organisasi merupakan nilai-nilai dan norma yang dianut dan dijalankan oeh sebuah organisasi terkait ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

J-Theme