Prinsip - Prinsip Pengorganisasian
Pengorganisasian
di maksudkan agar masing-masing unit menyadari kedudukan, fungsi, wewenang dan tanggung
jawabnya. Mereka
bersatu dalam satu wadah bersama untuk bekerja sama, demi mencapai tujuan
yang telah di tetapkan.
Agar pengorganisasian
dapat berlangsung dengan baik dan mencapai tujuan bersama dalam tata kerja yang
baik, maka
perlu prinsip-prinsipnya, yaitu:
a. Masing-masing
unit mempunyai mempunyai kesadaran tinggi untuk sanggup menerima tujuan yang
telah di tetapkan sehingga semua kegiatan setiap unit di arahkan ke tujuan
bersama itu.
b. Pembagian
organisasi ke dalam bidang atau
unit harus di atur sedemikian lengkap,
sehingga tidak ada satu unit yang mempunyai tugas
yang sama.
c. Pembentukan
struktur organisasi harus mengambarkan adanya satu perintah, adanya keseimbangan
tugas antara unit, adanya
kesederhanaan wewenang dan tanggung jawab agar mengurangi “span of control”
d. Struktur
organisasi harus sederhana agar jalur kerja dan jalur hubungan jelas dan tidak
terlalu banyak orang yang terlibat dalam tanggung jawab. Keterlibatan orang yang
terlalu akan menghambat kerja dan merupakan suatu pemborosan.
Selain itu prisip – prinsip organisasian lainnya adalah:
a.
Figure
pemimpin dan tujuan yang jelas
Figure pemimpin
ini dapat dikatakan sebagai
prinsip dasar dalam sebuah organisasi karena tanpa adanya pemimpin maka sebuah
organisasi tidak dapat
berjalan dengan baik. Selain
itu sebuah organisasi harus mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan dari sebuah
organisasi merupakan prinsip dasar terbentuknya sebuah badan organisasi.
b.
Skala
hierarki
Sebuah organisasi harus memiliki skala organisasi
yaitu sebuah tampuk
kepemimpinan, karena bagaimanapun sebuah
organisasi tidak akan hidup tanpa sebuah kepala, namun kepala saja tanpa
dibantu oleh badan lainnya tidak
akan berarti apa-apa.
c.
Pendelegasian
wewenang
pemimpin
Seorang pemimpin harus memilik prinsip pendelegasian
wewenang dalam menjalankan pekerjaannya, karena bagaimanpun juga
setiap manusia itu memiliki kemampuan yang terbatas, oleh karena itu
pendelegasian wewenang mutlak harus dimiliki
dalam sebuah organisasi.
Pendelegasian wewenang
itu dapat berupa pengambilan keputusan, mengadakan komunikasi
dengan pihak lain atau
pengambilan tindakan tanpa
harus konfirmasi dengan atasan terlebih dahulu.
d.
Tanggung
jawab semua pihak
Setiap organ dalam
sebuah organisasi harus mempunyai pertanggung jawaban penuh kepada seluruh
pekerjanya dan juga atasannya. Pertanggung
jawaban ini harus di atur dalam prinsip organisasi mengenai kewenangan dan
sanksi yang diberikan
bila lalai bertugas.
e.
Kejelasan
pembagian tugas
Agar tujuan yang ingin dicapai kelompok terlaksana, maka setiap anggota
harus melakukan aktivitas sesuai dengan porsinya masing-masing. Jika hal itu
dilaksanakan dengan baik maka tujuan dari perusahaan itu akan di capai secara optimal.
f.
Rentang
pengendalian organisasi
Sebuah organisasi yang baik harus memiki rentang
pengendalin struktur pengoganisasian yang baik, artinya jumlah bawahan
dan staf harus dikendalikan oleh seorang atasan. Jadi perintah tidak memusat pada satu
orang melainkan terstruktur dengan baik
g.
Prinsip
fungsional dan pemisahan
Prinsip fungsional harus di miliki oleh setiap
organisasi. Setiap
anggota harus mempunyai tugas yang jelas mengenai tugasnya. Selain itu bawahan harus
mempunyai peran masing-masing dalam menjalankan tugasnya.
Maka dari itu sebuah
organisasi harus mempunyai prisip pemisahan sehingga orang akan bekerja sesuai
dengan kapasitas masing-masing.
h.
Keseimbangan
Keseimbangan adalah prinsip organisasi yang paling
utama. Dengan adanya keseimbangan antara
struktur organisasi secara
efektif maka tujuan dari orgaisasi itu sendiri dapat tercapai dengan baik.
i.
Prinsip
fleksibilitas
Semua
organisasi harus mampu mengikuti perkembangan zaman
dengan tumbuh, berkembang dan mengamati
perubahan social yang terjadi karena bagaimanapun pengaruh internal dan
eksternal sebuah organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar