Pengertian
perencanaan
Pada urutan kegiatan,
perencanaan merupakan awal kegiatan. Fungsi yang lain akan bekerja setelah
diberi arahan oleh bagian perencanaan. Secara umum, perencanaan merupakan
proses penentuan tujuan organisasi (perusahaan) dan kemudian menyajikan dengan
jelas strategi (program), taktik (cara melaksanakan program), dan operasi
(tindakan) yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi (perusahaan).
Pengertian perencanaan adalah
proses dasar manajemen untuk menentukan tujuan dan langkah-langkah yang harus
dilakukan agar tujuan dapat tercapai. Perencanaan memberikan informasi untuk
mengkoordinasikan pekerjaan secara akurat dan efektif. Suatu rencana yang baik
harus berdasarkan sasaran, bersifat sederhana, mempunyai standar, fleksibel,
seimbang, dan menggunakan sumber-sumber yang tersedia dulu.
Pengertian Perencanaan yang
dikemukakan oleh beberapa ahli:
- Douglas: Perencanaan adalah suatu proses kontinu dari pengkajian, membuat tujuan dan sasaran, dan mengimplementasikan serta mengevaluasi atau mengontrolnya.
- Alexander: Perencanaan adalah memutuskan seberapa luas akan dilakukakan, bagaimana melakukannya, kapan melakukannya, dan siapa yang melakukannya.
- Steiner: Perencanaan adalah suatu proses memulai dengan sasaran-sasaran, batasan strategi, kebijakan, dan rencana detail untuk mencapainya, mencapai organisasi untuk menerapkan keputusan, dan termasuk tinjauan kinerja dan umpan balik terhadap pengenalan siklus perencanaan baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar