Tujuan dan Konsep
Dasar Pengorganisasian
A.
Tujuan
pengorganisasian
Tujuan
pengorganisasian yaitu agar dalam pembagian tugas dapat dilaksanakan dengan
penuh tanggung jawab dan setiap anggota organisasi dapat meningkatkan keterampilannya secara khusus dalam menjalani tugas-tugas
yang di bebankan kepadanya.
Ada
beberapa tujuan dari pengorganisasian, yaitu:
a. Membantu
koordinasi
b. Memperlancar
pengawasan
c. Memaksimalkan
manfaat spesialisasi
d. Membatasi
idealisme tujuan
Ada
beberapa syarat utama pengorganisasian, yaitu:
a. Adanya
sekelomok orang yang bekerja bersama.
b. Adanya
tujuan-tujuan berganda yang hendak di capai.
c. Adanya
pekerjaan yang akan di kerjakan.
d. Adanya
penetapan dan pengelompokan pekerjaan .
e. Adanya
wewenang dan tanggung jawab.
f. Adanya
pendelegasian wewenang.
g. Adanya
hubungan (relation ship) antara satu sama lain anggota.
B.
Konsep
Dasar Pengorganisasian
Dalam proses pengorganisasian, manager mengalokasikan keseluruhan sumber
daya organisasi sesuai dengan rencana yang telah di buat berdasarkan suatu
kerangka kerja organisasi tertentu. Kerangka
kerja tersebut di sebut dengan desain organisasi ( organizational design ). Bentuk spesifik dari
kerangka kerja organisasi dinamakan dengan struktur organisasi (organizational structure ).
Struktur organisasi pada dasarnya merupakan desain
organisasi dimana manager melakukan alokasi sumber daya manusia, terutama berkaitan dengan pembagian kerja
dan sumber daya yang dimiliki organisasi, serta bagaimana
keseluruhan kerja tersebut dapat dikoornasikan dan dikomunikasikan.
Dalam fungsi perencanaan, tujuan dan rencana sudah ditetapkan,
akan teapi, di dalam pengorganisasian, rencana tersebut baru akan ditetapkan
apabila sudah terdapat kejelasan bagaimana rencana organisasi tersebut akan
dilaksanakan, dikoordinasikan, dan dikomunikasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar